Senin, 09 Januari 2012

PROSEDUR PEMBENTUKAN PERILAKU BERAGAMA


 PNDAHULUAN
Keyakinan, sikap, dan perilaku manusia adalah hasil dari perjalanan proses yang panjang bagi pembentukan perilaku bergama.
Manusia melakukan perilaku agama semata-mata didorong oleh keinginan untuk menghindari keadaan bahaya yang akan menimpa dirinya dan memberi rasa aman bagi dirinya sendiri. Untuk keperluan itu, manusia menciptakan suatu konsep yang dapat melindungi dirinya dari segala bahaya itu. Konsep itu tersimpul pada kata “Tuhan”. Tuhan yang diciptakannya sendiri dalam pikirannya dan itulah yang disembahnya. Sementara itu, ritual pelaksanaan penyembahan kepada Tuhan sangat bergantung dari contoh-contoh yang diperlihatkan oleh orang-orang yang terdahulu melakukannya.
Tuhan dipandang sebagai sesuatu yang dapat memberikan perlindungan, demikian juga sebaliknya dapat memberikan siksaan. Agar Tuhan senantiasa memberikan perlindungan maka harus dicari keinginan dan kehendak Tuhan dengan jalan melakukan ibadah atau ritual. Kecuali itu, juga diusahakan untuk menjauhi segala yang dilarang –Nya, sehingga Tuhan senantiasa senang, pada gilirannya akan memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi manusia.[1]
Untuk membentuk perilaku beragama, seseorang terlebih dahulu melalui proedur-prosedur yang tidak gampang. Di dalam prosedur tersebut seseorang akan melalui beberapa tahap baik dalam bentuk yang bersifat intern maupun ekternal.
            Dalam prosedur pembentukan beragama, kita dapat menulusurinya dari gejala-gejala beragama yang tampak dari seorang individu.

PEMBAHASAN
            Pembentukan perilaku beragama bermula dari gejala-gejala beragama yang dialami oleh individu dalam melintasi suatu proses keberagamaan. Ini senada dengaan apa yang telah dikatakan oleh Muslim. A. kadir bahwa menjelaskan gejala berarti kemampuan untuk merumuskan prosedur terbentuknya suatu satuan perilaku beragama.[2]
            Adapun gejala-gejala tersebut yaitu :
  1. Terbentuknya Kesadaran Beriman
Prof. Muslim A. Kadir menggolongkan kesadaaran ini menjadi prosedur pembentukan perilaku bergama. Sebagaimana kutipannya yaitu kesadaran adalah gejala kejiwaan yang ditandai oleh tumbuhnya pengertian sebagai produk interelasi kemampuan internal.
Kemampuan internal ini berhubungan dengan Qalbu atau hati dalam menangkap nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama.
Istilah kesadaran beriman menurut al-Ghazali disebut sebagai dengan al-khawatir, Sebagaimana yang dikutip oleh Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir bahwasanya Al- khawatir adalah pikiran atau perintah yang datangnya secara tiba-tiba pada diri manusia. Menurut al-Ghazali, al-khatir (bentuk tunggal dari al-khawatir adalah sesuatu yang menggerakkan hati manusia. Semua perilaku manusia bermula dari al-khatir, dan al-khatir menggerakkan kecuntaan (al-raghbah), dan kecintaan menggerakkan keinginan yang kuat (al-‘azm), dan keinginan yang kuat menggerakkan niat (kesadaran diri dan komitmen untuk melakukan sesuatu), dan niat menggerakkan anggota tubuh.[3]
Kesadaran beragama dari seorang individu mulai muncul ketika orang tersebut mengucapkan syahadat. Karena dengan pengucapan syahadat tersebut, seseorang telah mengakui bahwa Tuhan yang wajib disembah adalah hanya Allah dan bersedia untuk menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.
Terbentuknya kesadaran beriman ini tidak lepas dari adanya factor internal dan eksternal.
a.       Faktor Internal ini meliputi :
Ø  Konversi : Zakiah Dradjat, sebagaimana yang telah dikutip oleh Moh. Dzofir dkk, dalam bukunya “Ilmu Tauhid Amali” bahwa yang dimaksud konversi adalah sebagai suatu macam pertumbuhan atau perkembangan spiritual yang mengandung perubahan arah yang cukup berarti, dalam sikap terhadap ajaran dan tindak agama lebih jelas dan lebih tegas lagi. Konversi agama menunjukkan bahwa suatu perubahan emosi yang tiba-tiba ke arah mendapat hiddayah Allah secara mendadak telah terjadi, yang mungkin saja sangat mendalam atau dangkal, dan mungkin pula terjadi peerubahan tersebut secara berangsur-angsur.[4]
Misalnya : ajakan emosi yang pernah dialami oleh sahabat Umar Bin Khattab ketika mendengarkan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dibaca oleh adiknya. Sehingga ia masuk agama Islam.
Ø  Penghayatan tentang Tuhan, misalnya Ilmu Tauhid, Ahlu Kalam seperti golongan Mu’tazilah, Mujassimah dan sebagainya.
b.      Faktor eksternal meliputi : konteks dan sosiokultural, misalnya ajakan dari kelurga, teman atau masyarakat sekitarnya.
  1. Pengamalan Nilai-Nilai yang terkandung dalam agama        
Setelah kesadaran iman benar-benar terbentuk dalam jiwa seorang hamba, maka langkah yang terakhir adalah implementasi dari pancaran iman dari seorang individu. Pancaran ini bisa dalam wujud pengabdian seorang hamba kepada Allah sebagai bukti bahwa hamba tersebut benar-benar ingin menjadi hamba yang shaleh.
Perwujudan pengabdian ini berpusat pada dua kalimat yang biasa dikenal sebagai Taqwa yaitu “menjalankan segala kewajiban dan menjauhi segala larangan-Nya”. Seorang yang bersungguh-sungguh mengabdikan dirinya kepada Allah pasti berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan perintah-perintah dan larangan-larangan yang telah ditentukan oleh agama baik itu yang bersifat maupun horizontal.

Agama memang bisa menyalehkan individu. Dan agama bisa juga menyalehkan individu-individu macam itu dalam jumlah banyak. Tapi mungkin perlu dicatat, kesalehan mereka dibangun di atas unsur-unsur nilai yang berbeda. Seseorang, pendeknya, menjadi saleh karena elemen-elemen nilai tertentu, sedang seseorang yang lain, menjadi saleh karena elemen-elemen lain lagi. Agama dengan demikian, mungkin sukar dan memang tidak bisa, berperan secara serempak menyalehkan banyak orang, atau menanamkan nilai moral pada banyak orang. Keserampakan bisa terjadi, mungkin, tidak melalui agama sebagai perangkat nilai dari langit, melainkan melalui pergulatan dalam hidup.[5]
Jadi, pembentukan perilaku beragama dari seorang individu maupun kelompok berbeda-beda. Ada yang melalui dari konversi, penghayatan Tuhan dan sosiokultural.

PENUTUP
            Pemakalah dapat simpulkan bahwa untuk membentuk perilaku beragama dari seorang individu terlebih dahulu harus terbentuk kesadaran beriman. Dan kesadaran beriman ini tidak terlepas dari 2 faktor :
1.Faktor internal, meliputi konversi dan penghayatan terhadap Tuhan.
2.Faktor eksternal, meliputi konteks dan sosiokultural.
Setelah kesadaran beriman benar-benar tertanam dalam jiwa seorang indvidu, maka selanjutnya adalah pengamalan ajaran-ajaran agama yang tersimpul dalam semboyan agama islam yaitu “Amar Ma’ruf  dan Nahi Mungkar”.





REFERENSI

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, PT Raja Grafindo, Jakarta, 2002, cet- Ke 2, hlm. 276
Baharuddin, Aktualisasi Psikologi Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005, hlm. 118
Moh. Dzofir, dkk, Ilmu Tauhid Amali, STAIN Kudus, Kudus, 2004, hlm. 72-73
Mohamad Sobary, Diskursus Islam Sosial, Zaman Wacana Mulia, Bandung, 1998, hlm. 91
Muslim A. Kadir, Ilmu Islam Terapan, STAIN Kudus, Kudus, 2003, hlm. 261



[1] Baharuddin, Aktualisasi Psikologi Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005, hlm. 118
[2] Muslim A. Kadir, Ilmu Islam Terapan, STAIN Kudus, Kudus, 2003, hlm. 261
[3] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, PT Raja Grafindo, Jakarta, 2002, cet- Ke 2, hlm. 276
[4] Moh. Dzofir, dkk, Ilmu Tauhid Amali, STAIN Kudus, Kudus, 2004, hlm. 72-73
[5] Mohamad Sobary, Diskursus Islam Sosial, Zaman Wacana Mulia, Bandung, 1998, hlm. 91

1 komentar: